Berita TerbaruSlideTerbaruWarta Jemaat

Sakramen Baptis Kudus Anak, Minggu 09 Juni 2024

Majelis Jemaat Telah melaksanakan Sakramen Baptis Kudus Anak pada hari Minggu tanggal 09 Juni 2024 pukul 09.00 WIB di GKPO Halim Perdanakusuma Kompleks Ambarapura, dilayani oleh Pdt. Angela Siregar.

Makna penting baptis:

Sebagai tanda pengampunan dosa
Alkitab mengajarkan bahwa bagi setiap orang yang bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus, pengampunan dosa diberikan. Pengampunan dosa dilambangkan dengan air baptisan percik yang menggambarkan darah Kristus yang dicurahkan untuk penebusan manusia (Kisah Rasul 2: 30; 22: 16; I Korintus 6: 11; Kolose 1:14)

Sebagai tanda milik Kristus
Tanda menjadi milik Kristus, tanda menjadi murid Yesus. Itulah sebabnya Tuhan Yesus memerintahkan agar para murid diberi tanda Baptis Suci. (Yohanes 4:1-2)

Baptisan sebagai sebagai karunia hidup baru.
Yohanes mengembangkan gagasan baptisan sebagai kelahiran baru. Dalam percakapan dengan Nikodemus Yesus bersabda: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah……..Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali’ (Yohanes 3:5,7)

Sebagai tanda bahwa dirinya diterima dalam persekutuan gereja.
Seperti yang tertera dalam Kisah Para Rasul 19:1-7, bahwa makna baptis bukan hanya tentang pertobatan, tapi lebih dalam dari itu. Pembaptisan dilakukan di dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus menandakan bahwa seseorang telah masuk ke dalam komunitas Gereja. Ketika kita diselamatkan, kita ‘dibaptis’ oleh Roh Kudus ke dalam Tubuh Kristus, yang adalah Gereja (1 Korintus 12:13).

Nama anak yang akan menerima Baptis : SAMUEL ALBERT SIREGAR, anak dari Bapak Halomoan Siregar dan Ibu Rolina Oktavia Br Pasaribu, anggota Jemaat Kompleks Ambarapura.